Minggu, 05 Oktober 2014

Program Peningkatan Kesehatan dan Kesejahteraan

Indonesia, sebagai negara berkembang kini sedang menghadapi masalah kebersihan dan kesehatan.  Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang kesehatan dan gaya hidup yang tidak sehat  menjadi tantangan utama dan penyebab tingginya angka kesakitan dan kematian anak.
Untuk menyelesaikan masalah ini, Unilever Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan keunggulan “brand” dan misi sosialnya.
Komitmen ini diwujudkan melalui program Pendidikan Kesehatan Masyarakat yang dibentuk oleh Unilever Indonesia sejak hampir 8 tahun yang lalu. Program pendidikan kesehatan ini ditujukan untuk anak dibawah lima tahun (balita), siswa sekolah dasar, kelompok pemuda di sekolah tingkat menengah maupun atas serta untuk ibu hamil dan menyusui. Kelompok ini akan mendapatkan edukasi agar terjadi peningkatan pemahaman dan praktik gaya hidup sehat yang berkelanjutan.
Yayasan Unilever Indonesia sudah melalukan edukasi kepada 2 juta orang, dan telah mencetak tidak kurang dari 50.000 agen perubahan.
Program Pendidikan Kesehatan Masyarakat dilaksanakan selaras dengan bisnis korporasi; dalam model yang berskala kecil, melalui kemitraan dengan para pemangku kepentingan yang relevan, dan dapat direplikasi segera setelah program sukses dilaksanakan.
kesejahteraan 417x254
Sejak berdiri tahun 2005, Program Pendidikan Kesehatan Masyarakat, dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

A.     Program Promosi Kesehatan Terpadu

Tujuan dari program ini adalah untuk mendukung masyarakat Indonesia menjadi lebih sehat melalui pendidikan perilaku hidup bersih dan sehat dikalangan sekolah dasar serta para ibu. Sampai saat ini, program ini telah mencapai lebih dari 2 juta penerima manfaat dan sebagian besar dilakukan melalui kerja sama dengan pemerintah yang relevan dan mitra LSM lokal bersama dengan masyarakat setempat, seperti rincian berikut;
1.      Program Sekolah
Melalui program ini, Yayasan Unilever Indonesia memperkuat UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) dan merevitalisasi keberadaan Dokter Kecil sebagai agen perubahan. Melalui program ini juga, siswa yang mendapatkan prestasi tingkat 1 sampai dengan 6 akan didorong untuk lebih sering mempraktekan kebiasaan cuci tangan dengan sabun serta menggosok gigi sesudah sarapan dan sebelum tidur malam.
Pesan tentang kesehatan juga terus diberikan kepada ibu-ibu disekitar posyandu karena ibu akan menyampaikan pesan kesehatan ini ke anak-anak mereka.
Program ini dilaksanakan di 40 kota dan kabupaten di 6 provinsi; Sumatera Utara, Jawa Barat, DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Program ini memperkuat keberadaan dan kemampuan dokter kecil sebagai agen perubahan di tingkat sekolah dasar.
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Tujuan dari program ini adalah untuk menjadikan setiap anak balita usia pra-sekolah dan taman kanak-kanak untuk menjadi lebih sehat, cerdas dan bahagia dengan mempraktekkan pola hidup bersih dan sehat sejak usia dini. Yayasan Unilever Indonesia mempromosikan dua praktek dasar yaitu mencuci tangan pakai sabun serta sikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur malam. Pembelajaran yang kreatif, diet seimbang dan perawatan yang baik dipromosikan melalui orang tua dari anak-anak yang berpartisipasi di program ini. 
Program ini dilaksanakan di Jawa Timur dan mendorong para ibu serta pengasuh anak untuk memperhatikan tumbuh kembang anak di bawah usia 5 tahun.
2.      Desa Sehat
Program ini memberdayakan semua sumber daya masyarakat untuk menciptakan keluarga dan lingkungan masyarakat yang sehat melalui peningkatan praktek gaya hidup bersih dan sehat, diet seimbang, pengelolaan sampah agar tercipta lingkungan yang sehat.
Program ini dilaksanakan di 25 desa yang tersebar di dua provinsi (Yogyakarta dan Jawa Timur).
3.      Pasar Sehat
Program ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat  diantara para pelaku ekonomi di pasar, sehingga pada akhirnya akan menciptakan pasar yang dapat menarik lebih banyak pengunjung.
Program ini dilaksanakan di dua provinsi (Yogyakarta dan Jawa Timur) dan mencakup 10 pasar tradisional dan memberdayakan kemampuan sekitar 4000 pedagang.

B.      HIV-AIDS Prevention Campaign Program

Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia dengan 30% dari penduduknya adalah kelompok usia 10-24 tahun. Sebuah survei perilaku di ibu kota Jakarta dan Surabaya menunjukkan adanya peningkatan jumlah siswa pria dan wanita yang aktif melakukan kegiatan seksual dari tahun ke tahun. Namun, pengetahuan tentang HIV / AIDS masih rendah dan menyebabkan tingginya faktor perserbaran infeksi di Indonesia.
Sejak tahun 2006, Yayasan telah mulai melakukan program pencegahan persebaran HIV/AIDS yang menargetkan siswa SMP dan SMA. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang HIV / AIDS dan bagaimana mencegahnya. Lebih dari 50.000 siswa telah mendapatkan manfaat melalui program ini.
1.      Pencegahan HIV / AIDS Jawa Timur
  • Program ini dilaksanakan di 6 kabupaten/kota Jawa Timur dan Provinsi Bali
  • Melibatkan 60 Sekolah Menengah Pertama dan Atas, Juga memberi manfaat kepada sekitar 40.150 siswa
  • Didukung oleh kader posyandu, Duta STOP AIDS, anggota Komisi AIDS Daerah dan  tim relawansekolah
2.      Jakarta STOP AIDS
  • Dilaksanakan lima wilayah kotamadya di Jakarta
  • Didukung oleh 250 Duta STOP AIDS dan Komisi Penanggulangan AIDS tingkat provinsi
  • Melibatkan 135 Sekolah Menengah Pertama dan Atasyangmemberi manfaat kepada sekitar 50.000 siswa
3.      Medan STOP AIDS
  • Dilaksanakan di Kota Medan dan melibatkan 20 Sekolah Menengah Atas
  • Didukung oleh Duta STOP AIDS
  • Memberikan penerangan yang benar tentang HIV/AIDS

C.     Program Nutrisi

Dari tahun 2007 sampai 2010, program ini dilaksanakan melalui kemitraan dengan United Nations World Food Programme (PBB) yang dinamakan Together for Child Vitality. Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan status kesehatan dan gizi di kalangan siswa sekolah dasar. Melalui program ini, Yayasan Unilever Indonesia melengkapi program School Feeding Program (Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah - PMTAS) dengan menyelenggarakan pendidikan kesehatan dan gizi. Sekitar 75 sekolah dasar dan 37.500 anak-anak di Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat telah mendapatkan manfaat dari kerjasama ini.
Pada tahun 2009, Unilever turut menjadi penggagas Project Laser Beam, suatu kemitraan publik-swasta internasional yang melibatkan UN-World Food Programme dan organisasi sektor swasta. Kerjasama ini bertujuan untuk mempercepat pemberantasan masalah gizi anak, khususnya anak usia bawah lima tahun (Balita) dan juga faktor-faktor penyebab masalah kesehatan dan kebersihan, ketersediaan air dan mata pencaharian di Nusa Tenggara Timur. Pada tahun 2011, Unilever Indonesia mengembangkan serangkaian alat bantu edukasi yang bahan – bahannya  telah diuji untuk memastikan bahwa media tersebut dapat diterima dengan baik oleh penerima manfaat, dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan kegiatan pendidikan  kesehatan dan kebersihan di sekolah dasar terpilih pada tahun 2012. Sementara itu, tidak kurang dari 9.500 siswa akan memiliki akses ke program PMT-AS.




Sumber: http://www.unilever.co.id/id/aboutus/yayasanunileverindonesia/meningkatkankesehatan/

2 komentar:

  1. Tahun baru telah menanti kita semua, menjelang akhir tahun kami S1288poker akan membagikan Free chips untuk anda semua member setia S1288poker. Mau chips gratis? dan hadian nya?
    Mari bergabung sekarang juga hanya DI S1288poker

    untuk info lebih lanjut silakan hubungi kontak CS S1288poker di bawah ini
    BBM - 7AC8D76B
    WA - 08122221680
    LINE : S1288_POKER

    Salam JP
    by S1288poker.

    BalasHapus
  2. Tahun baru telah menanti kita semua, menjelang akhir tahun kami S1288poker akan membagikan Free chips untuk anda semua member setia S1288poker. Mau chips gratis? dan hadian nya?
    Mari bergabung sekarang juga hanya DI S1288poker

    untuk info lebih lanjut silakan hubungi kontak CS S1288poker di bawah ini
    BBM - 7AC8D76B
    WA - 08122221680
    LINE : S1288_POKER

    Salam JP
    by S1288poker.

    BalasHapus

 

Design By:
SkinCorner